BUKAN CUMA MAKE UP, PERHATIKAN JUGA CARA MENGATASI WAJAH BERMINYAK DENGAN SKINCARE

Saat wajah mulai tampak mengilap karena minyak, mungkin yang biasa Anda lakukan adalah mengambil kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih di kulit wajah, disusul dengan menepukkan spons bedak untuk membantu kulit wajah terlihat kembali matte. Jika memiliki kulit wajah jenis berminyak, hal ini merupakan sesuatu yang biasa dilakukan. Namun sebenarnya, cara mengatasi wajah berminyak bisa dimulai dari melakukan skincare routine yang khusus untuk jenis wajah ini agar produksi minyak di wajah dapat terkontrol dengan baik.

Memahami Kondisi Jenis Kulit Berminyak

Apapun jenisnya, kulit wajah manusia bisa jadi berminyak saat kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak. Manfaat dari minyak ini adalah untuk melembapkan kulit secara alami sekaligus membantu melindungi kulit dari pengaruh lingkungan.

Beda jenis kulit, beda pula tingkat produksi minyaknya. Kulit kering memroduksi minyak dalam jumlah sedikit, sementara kulit yang normal, produksi minyaknya cukup dan tidak berlebihan sehingga kulit terjaga kelembapannya tapi tidak terlihat mengilap. Sedangkan untuk kulit kombinasi, jenis kulit yang disebut paling banyak dimiliki manusia di dunia, produksi minyak di daerah T-zone lebih tinggi dibandingkan bagian wajah lainnya yang cenderung sedikit. 

Penyebab wajah berminyak adalah kelenjar sebaceous yang aktif memroduksi minyak, bahkan bisa lebih aktif lagi akibat pengaruh lingkungan. Karena itulah, wajah jadi cepat berminyak dan tampak mengilap. Ciri kulit berminyak lainnya adalah pori-pori yang terlihat besar. Jika kulit wajah tidak dirawat dengan baik, minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan ikut membawa kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel, sehingga pori-pori tersumbat dan berpotensi memunculkan komedo serta jerawat. 

Skincare Routine sebagai Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Setiap jenis kulit butuh perawatan dengan cara dan menggunakan produk yang diformulasikan sesuai jenis kulit agar memberi hasil yang optimal. Cara mengatasi wajah berminyak tentu saja adalah dengan merawat kulit wajah menggunakan produk-produk khusus kulit berminyak yang ditujukan untuk membantu mengontrol produksi minyak di wajah. 

Berikut ini langkah-langkah penggunaan rangkaian skincare untuk kulit berminyak pada pagi hari yang dapat Anda ikuti dengan menggunakan produk-produk dari L’Oréal Paris:

1. Bersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Cukup bersihkan wajah dua kali sehari saja sebagai awal cara mengatasi wajah berminyak. Membersihkan  wajah terlalu sering bukannya mengurangi produksi minyak, tapi malah akan mengikis minyak alami yang menjaga kelembapan kulit. Wajah juga bisa dibersihkan setelah  banyak berkeringat atau saat sangat kotor. 

Jika Anda terbiasa merias wajah, maka langkah yang lebih dahulu harus dilakukan adalah membersihkan sisa make up. Anda bisa menggunakan make up remover dan micellar water untuk mengangkat sisa make up dan tidak membuat kulit kering. Setelah itu, baru bersihkan wajah dari semua kotoran yang menumpuk seharian serta residu dari pembersih make up.

Rekomendasi produk: L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water untuk membersihkan sisa make up di kulit berminyak. Dilengkapi dengan 5X deep cleansing power untuk mengangkat 5 tipe kotoran penyumbat pori dengan lembut, yaitu partikel polusi (PM 2,5), sisa make up, debu, sebum, dan minyak.

Lanjutkan dengan penggunaan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Gel-Cleanser. Dengan busa lembut dan halus, pembersih wajah ini dapat membersihkan pori-pori dari segala kotoran yang menempel. Formulanya tidak membuat kulit kering sehingga kulit wajah terjaga kelembapannya.

2. Gunakan esens untuk mempersiapkan kulit dalam menerima nutrisi dari produk perawatan kulit selanjutnya. Esens juga biasanya mengandung bahan aktif yang membantu menutrisi kulit wajah walau kadarnya tidak setinggi serum.

Rekomendasi produk: L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence. Memiliki bahan berukuran mikro yang menyerap hingga ke 10 lapisan. Diperkaya dengan Centella asiatica dan bahan aktif pencerah kulit lainnya untuk membuat kulit tampak sebening kristal.

3. Aplikasikan serum untuk menutrisi kulit menggunakan bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Untuk kulit wajah yang berminyak, Anda bisa menggunakan serum yang membantu menghidrasi kulit wajah sebagaicara mengatasi wajah berminyak. Kulit wajah yang terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya akan membuat produksi minyak menjadi lebih terkontrol.

Rekomendasi produk: L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum. Kandungan hyaluronic acid dengan ukuran mikro dan makro membantu menghidrasi kulit wajah tanpa menjadikan kulit berminyak karena formulanya ringan dan mudah diserap kulit. Wajah langsung terhidrasi sampai 42%.

4. Jika kulit wajah Anda memiliki masalah jerawat, maka Anda dapat mengaplikasikan obat jerawat di langkah ini. Tunggu sampai menyerap dengan baik, baru lanjutkan ke langkah selanjutnya.

5. Selalu aplikasikan pelembap. Pilih pelembap yang membantu menghidrasi kulit wajah dan menahan air di lapisan kulit agar tidak menguap ke udara. Sama seperti serum, pilihan pelembap yang menghidrasi juga merupakancara mengurangi minyak berlebih di wajah karena produksi minyak menjadi terkontrol.

Rekomendasi produk: L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream. Pelembap pagi ini membantu menghidrasi kulit wajah secara intens dan menguncinya di lapisan kulit, sehingga kulit kembali menjadi kenyal dan garis-garis halus pun berkurang.

6. Akhiri skincare routine dengan penggunaan sunscreen khusus untuk kulit berminyak. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Ini akan membuat kelenjar sebaceous memroduksi minyak lebih banyak sebagai kompensasi hilangnya kelembapan alami kulit. Akibatnya, wajah menjadi lebih berminyak dari biasanya. Karena itu, aplikasi sunscreen jangan sampai terlewatkan untuk cara mengatasi wajah berminyak. 

Rekomendasi produk: L'Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector – Matte & Fresh. Sunscreen untuk kulit berminyak ini mengandung airlicium yang membantu mengontrol produksi minyak, serta memberi hasil akhir matte dan pori-pori besar tersamarkan.

Tambahkan Perawatan Berkala 

Lengkapi perawatan kulit wajah berminyak Anda dengan perawatan berkala berupa eksfoliasi. Perawatan ini penting untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori-pori yang berpotensi membuat wajah berkomedo dan berjerawat. Lakukan eksfoliasi kulit wajah 2-3 kali seminggu.

Anda juga bisa menambahkan penggunaan masker sebagai perawatan berkala. Gunakan masker yang terbuat dari bahan clay yang sangat cocok untuk dijadikan cara mengatasi wajah berminyak, seperti L'Oréal Paris Pure Clay Mask – Detoxify. Memiliki kandungan North American montmorillonite clay dan Japanese active charcoal yang menyerap kotoran, komedo, dan kelebihan minyak yang menyumbat pori-pori. Gunakan masker ini 2-3 kali seminggu. 

Cara mengatasi wajah berminyak dengan skincare routine ini diharapkan dapat menginspirasi Anda untuk lebih cermat merawat kulit wajah Anda. Semua rekomendasi produk skincare dari L'Oréal Paris di atas bisa Anda dapatkan secara online di website resmi L'Oréal Paris Indonesia  maupun di official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce. Anda bisa juga membelinya secara langsung di gerai-gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.