CARA MEMILIH FOUNDATION UNTUK KULIT BERMINYAK UNTUK MAKE UP TRANSPROOF

Jangan biarkan kulit berminyak menghalangi penampilan Anda. Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, memilih foundation untuk kulit berminyak bisa jadi susah-susah gampang. Pasalnya, minyak yang berlebih di wajah kerap membuat foundation jadi susah menempel di kulit wajah dan cepat pudar, belum lagi kulit jadi terasa lengket bahkan terlihat kusam. Akibatnya, hasil makeup jadi kurang maksimal. Beberapa tips makeup untuk kulit wajah berminyak berikut ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan dandanan yang memuaskan.

Faktor-faktor Penentu Kulit Berminyak

 

Tidak ada yang bisa menentukan atau mengubah jenis kulit yang dimiliki, karena jenis kulit Anda ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu:

 

  • Genetik. Jika orang tua Anda memiliki kulit berminyak, maka besar kemungkinan Anda juga akan memilikinya. 

  • Usia. Jenis kulit tidak akan bisa berubah berapa pun usia Anda, tetapi produksi minyak alami di kulit akan semakin berkurang dengan pertambahan usia. Itu sebabnya kulit yang menua biasanya terasa lebih kering. 

  • Pelebaran pori-pori. Pertambahan usia, berat badan yang tiba-tiba naik, dan masalah breakout di kulit, dapat menyebabkan pori-pori kulit melebar. Saat pori-pori melebar, kelenjar sebum juga akan memproduksi lebih banyak minyak. 


Cek Produk Skincare Anda

 

Sebagai langkah awal sebelum Anda mengaplikasikan foundation untuk kulit berminyak dan merias wajah, coba cek kembali perawatan wajah yang Anda lakukan sehari-hari. Kondisi kulit Anda yang berminyak memang membutuhkan perhatian khusus. Bila salah memilih produk perawatan wajah atau cara merawatnya kurang tepat, misalnya mencuci wajah terlalu sering, kulit wajah akan semakin berminyak karena kelenjar sebum semakin aktif memproduksi minyak. 


Untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di kulit, coba lakukan ini:

 

  • Bersihkan wajah dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari. Jika Anda menggunakan makeup, lakukan double cleansing saat membersihkan wajah pada malam hari.

  • Jangan lupakan eksfoliasi. Tumpukan sel-sel kulit mati atau kotoran yang menyumbat pori-pori akan membuat kelenjar minyak terpicu untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi. Bantu kulit untuk meregenerasi sel-selnya dengan melakukan eksfoliasi dua kali seminggu. 

  • Kulit berminyak tetap perlu pelembap untuk hidrasi kulit. Pilih pelembap khusus untuk kulit berminyak yang formulanya non-comedogenic karena tidak menyumbat pori-pori. 

  • Mengenakan masker berbahan clay 2-3 kali seminggu. Masker jenis ini dapat membantu mengatasi masalah minyak berlebih di wajah. 

 

Pilih Formula Foundation yang Tepat

 

Memilih foundation sesuai jenis kulit sebenarnya tidak sulit karena Anda bisa langsung melihat di kemasannya foundation tersebut untuk jenis kulit apa. Biasanya foundation untuk kulit berminyak memiliki formula yang water-based, bukan oil-based atau mengandung silikon karena dapat membuat wajah semakin terlihat berminyak. Anda juga bisa mengecek foundation Anda dengan cara-cara berikut:

 

  • Cek teksturnya

 

Tuangkan sedikit foundation untuk kulit berminyak di punggung tangan, lalu ratakan dengan jari atau menggunakan spons, biarkan selama beberapa saat. Setelah foundation mengering dan terserap, Anda bisa memeriksa tekstur yang tertinggal di kulit tangan Anda. Foundation yang formulanya oil-based biasanya akan meninggalkan kesan shiny atau berminyak di kulit, sementara yang water-based menyerap dengan cepat karena light-weight dan memberi hasil akhir matte

 

  • Periksa formulanya di kemasan

 

Biasanya di kemasan produk akan tercantum ingredients atau daftar bahan yang digunakan untuk membuat foundation tersebut. Untuk foundation yang water-based, akan terlihat bahwa “water” atau “air” ada di posisi tiga besar atau bahkan di posisi pertama karena terbanyak dalam komposisi produk. Foundation yang water-based juga biasanya bebas dari minyak maupun silikon, meski bukan menjadi aturan baku.

 

Jika Anda menemukan nama-nama berakhiran “-cone/-methicone” atau “-siloxane”, namun nama-nama tersebut tidak berada di tiga besar daftar bahan, berarti foundation Anda memang menggunakan bahan yang mengandung silikon, namun hanya menjadi bahan pelengkap dalam jumlah yang sedikit. 

 

Tips Makeup untuk Kulit Berminyak

 

Agar riasan wajah di kulit Anda dapat bertahan lebih lama, ikuti urutan berikut ini:

 

      1. Mulai dari primer

 

Primer penting untuk mempersiapkan permukaan wajah. Sama seperti memilih foundation, pilih primer yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak dengan hasil matte. Aplikasikan ke seluruh wajah, terutama di T-zone

 

2. Lanjutkan dengan foundation

 

Foundation untuk kulit berminyakdisarankan yang memiliki hasil akhir matte sehingga kulit tidak terlihat mengilap. Pilih foundation yang memiliki medium coverage sampai high coverage agar kulit wajah tampak flawless, juga bersifat transferproof sehingga riasan tidak akan mengotori baju atau menempel di masker.

 

3. Gunakan mattifying powder

 

Bubuhkan bedak bubuk yang dapat membantu men-set riasan Anda menjadi bebas minyak. Pulaskan tipis-tipis saja dengan menggunakan puff atau powder brush.

 

4. Selalu siap dengan kertas minyak

 

Meski riasan sudah menggunakan foundation untuk kulit berminyak, kadang Anda tetap perlu untuk melakukan blotting dan touch-up. Dengan satu langkah mudah, blotting sheet atau kertas minyak dapat menyerap minyak wajah tanpa merusak riasan. 


Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak dari L’ORÉAL Paris

 

Untuk jenis kulit wajah berminyak, L’ORÉAL Paris dikenal dengan rangkaian produk Infallible yang menahan minyak di wajah dan tahan lama hingga 24 jam. Kini hadir L’ORÉAL Infallible 24H Matte Cover Foundationfoundation untuk kulit berminyak dengan formula yang disempurnakan sehingga memberi coverage tinggi dengan hasil kulit wajah matte yang natural. 

 

Kelebihan dari foundation cair L’ORÉAL Paris adalah:

 

  • 24H oil-control, 24H shine-control. Kekuatan dua bahan pengontrol minyaknya dapat menyerap minyak secara instan dan menjaga riasan tetap matte alias tak berminyak hingga sehari penuh.

  • Transproof makeup: Riasan tidak akan mengotori baju maupun berpindah meskipun sedang menggunakan masker wajah saat beraktivitas. 

  • Waterproof dan sweatproof: Riasan tidak akan luntur dan tahan air, sehingga sekalipun berkeringat, riasan tetap bisa bertahan. 

  • Formulanya breathable dengan tekstur ringan, sehingga riasan tidak akan terlihat berat. Hasil akhir yang diberikan makeup matte ini tampak alami. 

 

L’ORÉAL Infallible 24H Matte Cover Foundation hadir dalam 10 shades yang sesuai untuk  warna kulit perempuan Indonesia. Cara aplikasinya adalah sebagai berikut: 

 

  1. Kocok produk sebelum digunakan.

  2. Aplikasikan foundation di beberapa titik wajah, seperti pipi, hidung, dagu, dan dahi.

  3. Baurkan foundation dengan menggunakan jari, foundation brush, atau makeup sponge agar merata di kulit wajah.


Pilihan foundation untuk kulit berminyak yang tepat akan membuat riasan bertahan dan seharian dan tidak berpindah ke masker wajah. Anda bisa membeli  L’ORÉAL Infallible 24H Matte Cover Foundation secara online di website L’ORÉAL Indonesia atau official store L’ORÉAL Indonesia di marketplace, juga di berbagai gerai L’ORÉAL di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka di kota Anda.

Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: