CARA MAKE UP DENGAN FOUNDATION MATTE UNTUK KULIT BERMINYAK

Apapun jenis kulit wajah, menggunakan produk make up yang sesuai dengan jenis kulit merupakan sebuah keharusan. Jika tidak, maka berbagai masalah akan muncul, seperti make up yang luntur, cakey, cracking, creasing, atau wajah jadi tampak mengilap karena produksi minyak berlebih. Produk make up yang memberi hasil akhir matte, termasuk foundation matte, jadi pilihan yang tepat untuk jenis kulit berminyak. Pelajari cara aplikasinya agar memberi hasil tampilan make up yang sesuai harapan.

Alasan Memilih Produk Make Up Matte

Jenis kulit wajah berminyak sebenarnya sudah menjadi alasan untuk memilih menggunakan foundation matte dan produk make up matte lainnya. Umumnya, produk make up dengan hasil matte memiliki kandungan bahan-bahan yang menyerap minyak dan memiliki pantulan cahaya yang rendah. Keduanya dapat membantu pemilik kulit berminyak tetap tampil flawless tanpa gangguan kilap dan minyak yang berlebih.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk make up matte adalah:

  • Tahan lama. Menggunakan produk make up matte jadi cara make up tahan lama yang efektif. Produk make up jenis ini, terutama foundation matte, umumnya tidak mengandung mineral oil dan bahan pelembap berjenis emolien yang licin, sehingga tidak menyebabkan make up mudah luntur, creasing, dan mudah transfer. 
  • Terlihat bagus saat difoto. Kulit wajah yang berminyak dan mengilap akan sangat terlihat dihasil foto, terlebih jika menggunakan flash karena kulit berminyak akan membuat pantulan. 
  • Buildable. Foundation matte dapat digunakan sedikit-sedikit dulu dengan teknik layering sampai akhirnya tercapai coverage yang diinginkan. Teknik make up ini membantu mencegah foundation terlihat tebal dan akhirnya make up menjadi cakey.
  • Menyamarkan tampilan kerutan. Make up dengan hasil matte biasanya memiliki partikel yang halus sehingga dapat menyamarkan tampilan garis-garis halus, kerutan, serta pori-pori besar yang menjadi ciri kulit wajah berminyak.

Lalu bagaimana jika Anda memiliki jenis kulit wajah yang kering tapi ingin mendapatkan hasil matte dari make up kulit kering? Ini tetap bisa Anda lakukan. Caranya adalah dengan lebih dahulu melembapkan kulit wajah saat melakukan skincare routine, seperti menggunakan serum dan pelembap yang menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Selain itu, pilih produk make up yang memberi hasil matte tapi formulanya tidak membuat kulit wajah menjadi kering. 

Pilihan Foundation Matte Terbaik untuk Kulit Berminyak 

Untuk membantu menghindari berbagai masalah kulit berminyak saat menggunakan make up, L'Oréal Paris menghadirkan foundation matte terbaik untuk kulit berminyak, yaitu L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Foundation cair ini dilengkapi dengan duo oil-control ingredients yang mengontrol minyak berlebih, menyerap minyak secara instan, dan menjaga tampilan make up tetap matte yang natural sampai 24 jam. 

Walau memberi hasil akhir matte dengan coverage tinggi, tapi L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover memiliki formula yang breathable dengan tekstur ringan sehingga bisa juga digunakan oleh jenis kulit normal, kering, dan kombinasi. Formulanya waterproof, sweat-proof, dan juga transfer-proof sehingga tidak mudah luntur saat terkena keringat dan tidak mudah transfer saat menggunakan masker.

L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover memiliki 10 pilihan shade yang sesuai untuk kulit wajah perempuan Indonesia, dari kulit kuning langsat sampai kulit gelap. Cara penggunaan foundation matte ini juga tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Kocok foundation sebelum digunakan.
  2. Keluarkan sedikit saja foundation lalu aplikasikan di beberapa titik wajah, seperti pipi, hidung, dagu, dan dahi. 
  3. Baurkan foundation menggunakan jari, kuas, spons, atau blender
  4. Jika belum mendapat coverage yang diinginkan, Anda dapat mengulang langkah 3 dan 4 dengan teknik layering sampai mendapat hasil sesuai keinginan.  

Langkah-Langkah Aplikasi Base Make Up untuk Hasil Matte Natural 

Hasil make up yang matte natural dan flawless di kulit wajah berminyak bisa Anda dapatkan dengan penggunaan produk-produk base make up yang memberi hasil matte. Berikut langkah-langkah yang aplikasinya:

  1. Persiapkan kulit wajah dengan penggunaan produk skin care. Pada pagi hari sebelum berangkat ke kantor, Anda dapat melakukan skin care routine terlebih dahulu disusul dengan aplikasi make up. Jika dilakukan pada waktu yang berbeda, maka Anda paling tidak harus membersihkan kulit wajah, menggunakan toner, dan menggunakan pelembap. Make up dapat menempel dengan baik di kulit wajah yang bersih dan lembap serta tahan lebih lama, karena itu langkah ini tidak boleh Anda lewatkan. 
  2. Aplikasikan face primer untuk kulit berminyak. Fungsi utama face primer adalah menjadikan kulit wajah halus sehingga tercipta kanvas yang sempurna bagi aplikasi make up selanjutnya. Anda akan terhindar dari tampilan make up yang creasing dan cracking, serta membantu wajah tampak matte seharian. 
  3. Aplikasikan foundation matte. Tips aplikasi jika Anda menggunakan spons atau blender: hindari membasahi spons atau blender dengan air terlebih dahulu karena dapat membuat hasil akhirnya menjadi dewy, bukannya matte. Selain itu, aplikasikan foundation dari bagian tengah wajah ke arah luar.
  4. Aplikasikan concealer matte. Jika foundation belum cukup untuk menutupi noda hitam, jerawat, dan area gelap di bawah mata, maka aplikasikan concealer di daerah kulit yang mengalami masalah tersebut. Baurkan concealer menggunakan spons atau blender dengan cara ditotol-totol, karena jika dilakukan dengan cara menyeret akan membuat foundation terhapus.
  5. Aplikasikan bedak tabur. Penggunaan bedak merupakan cara efektif untuk mengunci base make up sekaligus menyerap minyak (jika ada) dari aplikasi produk-produk make up sebelumnya. Gunakan kuas bedak yang besar untuk membubuhkan bedak tabur di wajah. Hindari juga gerakan menyeret karena dapat merusak aplikasi foundation dan concealer, menyebabkan warna kulit nantinya menjadi belang. 

Setelah aplikasi base make up ini, Anda bisa lanjutkan ke aplikasi make up mata, wajah, dan diakhiri dengan bibir. Untuk menciptakan tampilan matte yang natural, hindari penggunaan produk-produk make up yang memberi hasil dewy dan shimmer karena akan memberi pantulan cahaya seakan-akan kulit wajah berminyak. 

Gunakan L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover dan produk make up matte lainnya untuk memberi hasil akhir matte yang natural dan tahan lama. Anda bisa membeli foundation matte favorit ini secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Infallible 24H Matte Cover Loreal Paris
Caption