CARA AGAR RAMBUT LEMBUT DAN JATUH DENGAN PERAWATAN SEHARI-HARI

Bicara soal rambut sehat dan indah yang menjadi impian banyak perempuan, yang terbayang adalah rambut yang lembut, helaiannya halus, dan jatuh alami. Mungkin Anda pikir untuk mendapatkannya harus melakukan perawatan intensif di salon. Padahal ada beberapa cara agar rambut lembut dan jatuh dengan perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah.

Kenali Struktur Rambut

Agar dapat paham benar mengenai perawatan rambut serta cara agar rambut lembut dan jatuh, Anda dapat memulainya dengan mengenali struktur rambut. Rambut secara umum tersusun atas akar dan batang rambut, dengan struktur sebagai berikut: 

1. Akar rambut, yaitu bagian rambut yang tertanam di kulit kepala, terbagi menjadi lima bagian:

  • Bulb. Merupakan bagian pangkal rambut yang membesar. Bentuknya seperti bola yang berfungsi sebagai pelindung papil rambut, agar rambut kuat dan tidak mudah rontok.
  • Papil. Letaknya berada paling bawah dari folikel rambut. Papil berasal dari kumpulan sel kulit jangat dan kulit ari.
  • Melanosit. Struktur ini merupakan sel yang menghasilkan pigmen atau zat pewarna. Pigmen ini nantinya akan menyebar hingga ke medulla rambut.
  • Folikel. Bagian ini berupa kantong rambut sebagai tempat tumbuhnya rambut. Kantong ini tersusun dari lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan bagian dalam ini berasal dari sel epidermis dan bagian luarnya berasal dari sel dermis.
  • Matrix. Bagian ini merupakan umbi rambut atau bagian yang subur, berfungsi sebagai tempat tumbuhnya rambut.

2. Batang rambut, yaitu bagian yang berada di luar kulit kepala. Helaiannya cukup bervariasi, ada yang lurus, ikal, maupun keriting. Batang rambut terbagi atas tiga susunan, yaitu:

  • Kutikula. Lapisan ini memiliki bentuk seperti sisik ikan, berfungsi sebagai pelindung lapisan rambut.
  • Kortex. Bagian ini merupakan rambut yang sangat besar, berfungsi sebagai lapisan yang menentukan warna. Lapisan ini mengandung banyak pigmen atau penentu warna rambut alami.
  • Medulla. Merupakan bagian tengah dari batang rambut, disebut juga sebagai sumsum rambut.

Apa yang Terjadi pada Rambut yang Rusak?

Rambut yang lembut dan jatuh adalah rambut yang sehat di seluruh bagiannya, mulai dari akar rambut hingga ke batang rambut. Rambut rusak bisa ditandai dengan berbagai bukti fisik, di antaranya adalah saat batang rambut dipegang, helaiannya terasa kering dan kaku, kehilangan kemilaunya sehingga rambut terlihat kusam, serta batang rambut mudah patah dan bercabang. 

Bila ini terjadi, tandanya seluruh struktur dari batang rambut sudah tidak bisa menyerap minyak alami yang keluar dari kulit kepala. Akar rambut pun menjadi lemah, sehingga batang rambut mudah terlepas. Butuh perawatan untuk rambut rusak serta cara agar rambut lembut dan jatuh yang tepat untuk mengatasinya. 

Penyebab dari masalah ini cukup beragam, ada yang diakibatkan oleh kondisi medis, namun juga banyak yang disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang kurang baik, seperti penggunaan produk-produk berbahan kimia keras, penggunaan alat penata rambut dengan panas tinggi, dan kurang melakukan perawatan nutrisi untuk kulit kepala dan rambut. Padahal, dengan lebih rajin merawat rambut menggunakan produk-produk yang tepat dan menerapkan cara membuat rambut halus, rambut bisa kembali sehat dan indah.

Rawat Rambut Rusak dengan Rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5

Jika rambut Anda sudah menunjukkan 5 tanda kerusakan rambut, yaitu rambut yang terasa kasar, kaku, kering, ujungnya bercabang, dan mudah patah, maka saatnya Anda merawat rambut dengan intensif menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5. Kini hadir dengan formula baru untuk merawat rambut rusak Anda dengan optimal sebagai serta cara agar rambut lembut dan jatuh.

Formula baru L’Oréal Paris Total Repair 5 bekerja dengan Double Action untuk memperbaiki 5 tanda kerusakan rambut, yaitu membantu memperbaiki batang rambut dari dalam dan melindungi permukaan batang rambut dari luar. Diperkaya dengan bahan aktif LAK1000 yang mampu terserap hingga ke 10 lapisan batang rambut dan ceramide yang membantu memperbaiki kerusakan di batang rambut. Kini dilengkapi juga dengan repair concentrate KeratinXS yang menguatkan batang rambut dalam melawan kerusakan rambut.

Rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5 terdiri dari perawatan saat keramas berupa L’Oréal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo yang dilengkapi dengan 3% kandungan KeratinXS dan L’Oréal Paris Total Repair 5 Restoring Conditioner dengan 10% kandungan KeratinXS untuk membuat rambut sehat serta rambut lembut dan tidak mengembang. Sebagai perawatan berkala, Anda bisa menambahkan L’Oréal Paris Total Repair 5 Filler Repairing Mask yang digunakan 1-2 kali dalam seminggu. 

Cara agar rambut lembut dan jatuh dengan lebih cepat adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut terbaru L’Oréal Paris Total Repair 5 Rapid Reviver Treatment Conditioner. Kandungan nutrisi berupa LAK1000, ceramide, dan 17% kandungan KeratinXS membantu memberikan 3X nutrisi lebih banyak dan 2X kekuatan memperbaiki rambut yang rusak. Gunakan setelah rambut dicuci dengan shampo di bagian ujung rambut, diamkan selama satu menit, lalu bilas dengan air bersih. Rambut Anda menjadi lebih sehat serta sekuat rambut alami.

Cara Membuat Rambut Lembut dan Mudah Diatur

Selain merawat rambut dengan rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5, Anda bisa menerapkan tips cara agar rambut lembut dan jatuh saat merawat rambut di rumah:

  • Hindari mencuci rambut dengan menggunakan air panas, karena dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya dan helaiannya menjadi kasar dan mengembang. 
  • Lindungi rambut dari sinar matahari terik. Kalau terpaksa harus berada di luar ruangan saat siang hari, gunakan scarf atau topi.
  • Lindungi struktur rambut Anda dengan berhati-hati saat mengeringkannya. Gunakan kain lembut yang menyerap air, seperti kain katun atau kaus, yang lebih baik dalam menjaga helaian rambut agar tidak saling bergesekan secara kasar seperti saat menggunakan kain handuk yang tebal. Saat rambut basah, kutikulanya sedang terbuka, sehingga gesekan atau gosokan kasar bisa menyebabkan rambut kusut dan helaiannya rusak. 
  • Ternyata rambut pun bisa rusak saat Anda tidur. Sarung bantal yang terbuat dari kain katun ternyata dapat menyerap minyak alami pada rambut, sehingga membuat rambut mudah kering dan kasar. Mengganti sarung bantal Anda dengan kain satin atau sutera adalah salah satu cara agar rambut lembut dan jatuh.
  • Batasi penggunaan alat penata rambut dengan panas tinggi. Jika ingin mengeringkan rambut, pilih alat pengering rambut dengan udara dingin atau cukup diangin-anginkan saja.

Tak sulit bukan, menerapkan cara agar rambut lembut dan jatuh dengan perawatan sehari-hari di rumah? Untuk mendapatkan L’Oréal Paris Total Repair 5 Rapid Reviver Treatment Conditioner dan rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5 lainnya, Anda bisa dengan mudah membelinya secara online di website L’Oréal Indonesia atau official store L’Oréal Indonesia di marketplace/e-commerce, juga di berbagai gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Rapid Reviver
Caption