Hair Care BUKAN HANYA STRESS, INI LOH PENYEBAB MASALAH RAMBUT YANG MENGGANGGU WANITA

Mungkin Anda tidak sadar bahwa hal-hal yang Anda lakukan terhadap rambut ternyata dapat menjadi penyebab masalah rambut. Menata rambut menggunakan alat-alat dengan panas tinggi misalnya, hasilnya memang rambut terlihat cantik, tapi jika dilakukan setiap hari, maka porositas rambut akan lebih rentan sehingga akan membuat rambut lebih kering dan bercabang di bagian ujungnya.

Jadi, bukan hanya stress yang dapat menyebabkan masalah rambut, tapi juga perlakuan yang tidak tepat kepada rambut. Mengetahui berbagai penyebab ini dapat membantu Anda melakukan pencegahan dan perawatan rambut yang tepat. 

Berbagai Masalah Rambut dan Penyebabnya 

Masalah rambut tidak muncul secara instan; rambut akan berangsur berubah dari sehat menjadi rusak jika tidak dirawat dengan baik dan mendapat perlakukan yang kurang tepat. Bahkan saat Anda sudah merawatnya dengan baik, kadang rambut tetap menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat faktor internal maupun eksternal. Misalnya saja faktor stress, polusi, kekurangan asupan nutrisi yang baik hingga cara Anda mengikat rambut terlalu kencang, atau menggosok rambut terlalu kasar dengan handuk. 

Ada lima bentuk masalah yang kerap kali dialami oleh rambut wanita, yaitu rambut kusam, kering, rapuh, mudah patah, dan ujungnya bercabang. Saat masalah-masalah ini muncul, Anda bisa menjadi frustasi dibuatnya karena seperti tidak ada perawatan yang benar-benar ampuh. 

Selain stress, masalah-masalah rambut ini biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Paparan panas tinggi. Ini biasanya disebabkan oleh penggunaan alat-alat penata rambut yang menggunakan panas tinggi, seperti catok rambut, pengeriting rambut, dan pengering rambut. Sangat disarankan oleh profesional, penggunaan alat-alat styling, maksimal di suhu 220 derajat jika di atas suhu ini akan sangat rentan untuk menyebabkan porositas rambut. 
  • Paparan bahan-bahan kimia terlalu keras. Rambut yang sering terpapar pewarna rambut, cairan bleaching, dan cairan pelurus rambut lama kelamaan dapat menjadi rapuh.
  • Terlalu sering keramas. Rambut yang kering sebaiknya tidak dicuci terlalu sering, maksimal setiap dua hari sekali saja. Jika Anda terlalu sering keramas, maka akan memengaruhi kestabilan produksi minyak alami di kulit kepala, yang akan menyebabkan rambut lebih rentan kering dan bercabang.
  • Menggosok rambut dengan handuk. Mungkin Anda terbiasa mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan handuk sehabis keramas. Padahal, rambut yang basah rentan rusak dan menggosoknya menggunakan handuk akan memperparah kondisi tersebut. Jangan pernah melakukan gerakan menggosok rambut terlalu kuat pada rambut. Gunakanlah handuk dengan bahan microfiber atau serat halus dengan cara ditepuk-tepuk secara halus di bagian permukaan rambut.
  • Menguncir atau mengikat rambut terlalu ketat dan kuat. Saat Anda melakukan ini, bisa jadi Anda malah membuat rambut tertarik dengan kuat sehingga dapat menganggu elastisitas rambut dan menyebabkan kerontokan serta rambut akan lebih rentah patah. 
  • Rambut jarang dipotong atau di-trim. Saat rambut Anda rentan memiliki ujung bercabang, kerusakan ini dapat merambat naik ke rambut yang kondisinya masih sehat. Akibatnya, rambut yang sehat jadi ikut rapuh.
  • Pola makan tidak sehat dengan nutrisi tidak seimbang. Kekurangan nutrisi yang membantu merawat dan menyehatkan rambut dari dalam dapat berujung munculnya masalah-masalah rambut.

Merawat Rambut agar Sehat dan Bebas Masalah

Melihat dari berbagai penyebab masalah rambut, Anda sebenarnya sudah dapat menerapkan cara perawatan rambut yang tepat agar bebas masalah. Anda bisa mengintip tips berikut untuk inspirasi perawatan rambut kering, rapuh, bercabang, dan masalah lainnya.

  • Membuat rutinitas perawatan rambut mendasar di rumah berdasarkan jenis dan tipe rambut Anda. Misalnya, keramas setiap beberapa hari sekali menggunakan shampo dan kondisioner yang membantu mengatasi masalah rambut. Tambahkan perawatan menggunakan deep conditioner dan/atau masker rambut sesuai kebutuhan. 
  • Membatasi penggunaan alat-alat penata rambut dengan panas tinggi. Minimalkan penggunaan alat-alat ini jika rambut Anda terlanjur rusak dan batasi penggunaannya jika rambut sehat. Jangan lupa, gunakan hair serum atau hair oil sebelum menata rambut agar rambut terlindungi dari panas tinggi, sehingga dampaknya dapat dikurangi.
  • Sebagai cara mengatasi rambut bercabang, yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah trim rambut secara rutin setiap sebulan sekali sampai ujung rambut tidak lagi bercabang. Lakukan ini dengan profesional atau di salon langganan Anda. 
  • Menjalani gaya hidup sehat. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol, berolahraga, tidur yang cukup, serta menerapkan pola makan yang bernutrisi seimbang dapat membantu membuat rambut kembali sehat.  
  • Biasakan memperlakukan rambut dengan baik dan tepat, bahkan sampai hal-hal terkecil. Misalnya, saat menyisir rambut, mengeringkan rambut dengan handuk, atau mengikat dan menjepit rambut. Memperlakukan rambut dengan baik akan membuatnya tak mudah rusak dan bermasalah.

Perbaiki Masalah Rambut dengan Rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5

Jika rambut Anda terlanjur bermasalah dan rusak, maka fokuskan perhatian Anda untuk memperbaiki kondisinya. Anda bisa menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5 yang akan membantu Anda mengatasi masalah rambut kusam, kering, rapuh, mudah patah, dan ujungnya bercabang. 

Formula baru L’Oréal Paris Total Repair 5 bekerja dengan Double Action yang membantu memperbaiki batang rambut dari dalam dan melindungi permukaan batang rambut dari luar. Diperkaya dengan bahan aktif LAK1000 yang mampu terserap hingga ke 10 lapisan batang rambut dan ceramide yang membantu memperbaiki kerusakan di batang rambut. Kini dilengkapi juga dengan repair concentrate KeratinXS yang menguatkan batang rambut dalam melawan kerusakan rambut.

Rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5 terdiri dari L’Oréal Paris Total Repair 5 Repairing Shampoo yang dilengkapi dengan 3% kandungan KeratinXS dan L’Oréal Paris Total Repair 5 Restoring Conditioner dengan 10% kandungan KeratinXS untuk membuat rambut sehat serta rambut lembut dan tidak mengembang. Sebagai perawatan berkala, Anda bisa menambahkan L’Oréal Paris Total Repair 5 Filler Repairing Mask yang digunakan 1-2 kali dalam seminggu. 

Jika kadar kerusakan rambut sudah cukup tinggi, maka Anda bisa menggunakan L’Oréal Paris Total Repair 5 Rapid Reviver Treatment Conditioner. Kandungan nutrisi berupa LAK1000, ceramide, dan 17% kandungan KeratinXS membantu memberikan 3X nutrisi lebih banyak dan 2X kekuatan memperbaiki rambut yang rusak. Gunakan setelah rambut dicuci dengan shampo, fokuskan di bagian ujung rambut, diamkan selama satu menit, lalu bilas dengan air bersih. 

Rutinitas perawatan rambut menggunakan rangkaian L’Oréal Paris Total Repair 5 secara bertahap akan membantu memperbaiki masalah rambut Anda. Rangkaian produknya bisa Anda dapatkan secara online di website L’Oréal Indonesia atau official store L’Oréal Indonesia di marketplace/e-commerce, juga di berbagai gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.