Hair Care 5 PENYEBAB RAMBUT RUSAK DAN CARA MENGATASINYA

Rambut Anda mulai kusut, kusam, dan rontok? Sebaiknya kerusakan rambut ini jangan dibiarkan terlalu lama, karena untuk kembali mendapatkan rambut sehat dan berkilau itu tidak mudah. Apalagi sering kali kerusakan rambut disebabkan oleh kebiasaan merawat rambut yang tidak tepat. Daripada semakin parah, lebih baik segera cari tahu bagaimana mengatasi rambut rusak.

Berbagai Penyebab Rambut Rusak

Bila Anda mengalami ciri-ciri berikut, kemungkinan besar rambut Anda sudah tidak sehat lagi:

  • Rambut kusam dan kering
  • Rambut mengembang
  • Rambut kusut
  • Rambut menipis
  • Rambut bercabang

Anda perlu tahu, bahwa rambut tipis belum berarti rusak. Namun jika rambut menipis diakibatkan rambut rontok, maka merupakan pertanda rambut rusak. Rambut yang sejak awal tipis bisa jadi disebabkan oleh faktor genetik rambut yang aslinya tidak tebal. Namun, bila awalnya Anda memiliki rambut tebal kemudian rambut menjadi menipis, maka berarti kondisi rambut Anda tidak sehat.

Anda mungkin saja merasa sudah merawat rambut dengan benar, misalnya dengan rajin keramas dan menyisir rambut. Namun tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari lah yang justru menjadi penyebab rambut rusak. Kebiasaan-kebiasaan tersebut di antaranya adalah:

  • Salah penggunaan handuk

Membungkus handuk di kepala selesai keramas agar air tidak menetes sebenarnya sah-sah saja. Namun, bila Anda membungkus rambut terlalu kuat, bisa menjadi pemicu masalah rambut. Apalagi bila handuk Anda terbuat dari bahan yang kasar. Memiliki kebiasaan menggosok rambut dengan handuk dengan maksud mengeringkan lebih cepat juga berpotensi membuat masalah rambut salah satunya menjadi penyebab masalah kerontokan.   

  • Terlalu sering menggunakan alat penata rambut

Tampil cantik dengan rambut yang tertata rapi dan gaya memang penting. Tidak heran penggunaan alat pelurus, pengering, dan pengeriting rambut menjadi hal yang lumrah. Namun, bukan rahasia lagi bahwa penataan rambut dengan alat yang menghasilkan panas tinggi akan membuat rambut Anda lama kelamaan akan lebih rapuh dan rentan patah. 

  • Keramas berlebihan

Untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, ada perempuan yang memiliki untuk keramas setiap hari. Padahal, semakin sering Anda keramas, semakin banyak minyak alami di kulit kepala yang hilang. Ini membuat helaian rambut menjadi kering karena minyak alami ini tidak tersebar ke rambut. 

  • Mengeringkan rambut basah 

Rambut yang masih benar-benar basah kondisinya sangat rapuh. Penyebabnya adalah struktur rambut yang berubah saat masih basah. Karena itu, Anda disarankan untuk tidak melakukan apapun terhadap rambut yang basah, misalnya mengeringkan menggunakan handuk atau hair dryer serta menyisirnya. 

  • Menyisir rambut berlebihan

Menyisir rambut memang kebiasaan baik untuk mendapatkan rambut yang rapi dan sehat. Menyisir rambut dapat membantu memperlancar peredaran darah di kulit kepala. Namun bila dilakukan berlebihan, justru akan berdampak buruk. Menyisir terlalu sering, apalagi terlalu kuat, akan membuat rambut rontok dan mudah patah karena kutikula rambut terbuka.

 

Apakah Rambut Anda Rusak? Lakukan Uji Coba Ini

Ada tiga indikator untuk mengukur kerusakan rambut, yaitu dengan mengecek kelenturan, tekstur, dan porositas rambut. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah untuk mengetahui kondisi rambut yang Anda miliki telah rusak atau masih sehat. 

  • Menarik rambut

Salah satu cara menguji kondisi rambut adalah dengan menarik rambut untuk menguji kelenturannya. Begini caranya:

  1. Basahi 3 helai rambut.
  2. Jepit ujung rambut dengan ibu jari dan telunjuk.
  3. Tarik rambut perlahan.
  4. Bila rambut tidak dapat meregang atau langsung patah, artinya rambut kemungkinan telah rusak.
  • Tes penyerapan air

Tingkat penyerapan rambut terhadap air bisa menjadi pertanda rambut rusak atau sehat. Cabut sehelai rambut masing-masing dari kepala bagian atas, samping, dan belakang. Setelah itu, jatuhkan helaian rambut ini ke permukaan air. Bila tenggelam, berarti rambut Anda sudah mengalami kerusakan.

  • Tes tekstur/ketebalan rambut

Tes ketebalan rambut biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah rambut mengalami penipisan akibat kerontokan yang parah. Caranya, kuncir rambut dengan ikat rambut. Bila Anda perlu melilitkan karet sampai 3 kali atau lebih untuk menguncir rambut, artinya rambut sudah mulai menipis. Pasalnya, ketebalan rambut yang normal hanya memerlukan 1-2 kali lilitan karet agar rambutnya terikat.

  • Tes porositas

Tes porositas dilakukan untuk melihat kondisi lapisan kutikula rambut. Caranya, jepit beberapa helai rambut di antara jari tengah dan telunjuk. Kemudian, susuri dari pangkal hingga ujungnya. Jika rambut terasa kasar, artinya lapisan kutikula rambut terbuka. Ini merupakan salah satu ciri-ciri rambut rusak.

 

Ini Cara Mengatasi Rambut Rusak

Anda tentu ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Ciri-ciri rambut sehat terlihat dari teksturnya yang lembut dan halus, berkilau, elastis, tidak rontok berlebihan, mudah disisir, serta tidak mengeriting saat udara lembap. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut rusak:

  • Gunakan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Shampoo and L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Conditioner

Produk sampo dan kondisioner ini diformulasikan dengan menggabungkan manfaat dari L'Oréal Paris Extraordinary Oil yang sudah ternama. Diformulasikan menggunakan bahan dan kandungan premium, L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Shampoo and L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Conditioner ini akan memberikan hasil yang optimal sejak pertama kali pemakaian. Anda juga dapat menggunakannya untuk perawatan rambut rusak sehari-hari.

  • Ubah cara merawat rambut

Bila sebelumnya Anda banyak mengeringkan rambut dengan handuk berbahan kasar dengan menggosoknya, mulai sekarang ganti handuk dengan bahan yang lembut atau dengan bahan microfiber. Anda juga tidak perlu keramas berlebihan, cukup 2-3 kali seminggu, serta menyisir rambut sebanyak dua kali sehari.

  • Kurangi penggunaan alat penata rambut

Bila biasanya Anda menggunakan alat penata rambut dengan panas tinggi setiap hari, mulai sekarang kurangi frekuensinya hanya sebanyak tiga kali seminggu. Anda dapat menata rambut dengan cara lain tanpa harus mengorbankan rambut.

  • Tidak melakukan apapun saat rambut dalam keadaan basah

Diamkan saja rambut sampai kondisinya setengah kering. Setelah itu, Anda baru menyisir rambut atau mengeringkan rambut bila masih diperlukan.

 

Lakukan Perawatan Ekstra

Rambut yang terlanjur rusak memerlukan perawatan ekstra. Namun, Anda tidak perlu melakukannya di salon. Anda kini dapat menggunakan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Shampoo dan Conditioner – Sleek yang dibuat dengan amber cedarwood oil. Paduan shampo dan kondisioner ini bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan rambut yang parah, membuat rambut kembali menjadi lembut, halus, ternutrisi, dan berkilau.

Bila Anda sering mewarnai rambut, Anda juga dapat melakukan perawatan dengan menggunakan  L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Shampoo dan Conditioner – Shine. Kandungan French rose essential oil berfungsi sebagai antioksidan untuk menutrisi serta menjaga warna rambut agar tetap berkilau. 

Pastikan Anda menggunakan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Shampoo dan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Conditioner untuk mengatasi rambut yang kering dan rapuh. Dengan perawatan yang rutin, Anda bisa mendapatkan rambut indah Anda kembali dengan harga yang terjangkau tanpa perlu ke salon.

Anda bisa mendapatkan rangkaian produk ini secara online di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris di e-commerce/marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko produk kecantikan terdekat.