BUKAN HANYA TINGGI SPF, SUNSCREEN YANG BAGUS HARUS MEMILIKI 5 KANDUNGAN INI

Saat memilih untuk menggunakan sebuah produk perawatan kulit wajah, Anda tentu telah memikirkan berbagai kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut untuk kulit wajah Anda. Begitu pula saat memilih produk sunscreen. Seperti yang telah diketahui, sinar UVA dan UVB yang dari matahari dapat memberikan dampak negatif bagi kulit. Karena itu, sangat penting untuk melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen yang bagus.

Kriteria sunscreen yang bagus bagi setiap orang bisa saja berbeda karena mempertimbangkan jenis dan kondisi kulit serta manfaat yang dapat diberikan bagi kulit wajah. Beberapa informasi tentang sunscreen berikut ini bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih sunscreen yang tepat. 


Ciri-ciri Sunscreen yang Bagus 

 

  • Memiliki spektrum yang luas

 

Sinar UV dari matahari yang berhasil sampai ke Bumi terdiri dari sinar UVA dan UVB. Karena itu, perlindungan yang diberikan sunscreen haruslah menyeluruh karena kedua sinar UV ini dapat merusak kulit dengan caranya masing-masing. Untuk melindungi kulit dari sinar UVA, dibutuhkan PA yaitu sistem perlindungan kulit dari UVA dengan tingkat perlindungan yang ditunjukkan lewat tanda (+). Sementara untuk melindungi kulit wajah dari sinar UVB, digunakan SPF (sun protection factor) dengan tingkat perlindungan yang ditunjukkan lewat angka. 


  • Memiliki kadar perlindungan yang efektif

 

Lokasi tempat Anda berada ikut berpengaruh pada kadar perlindungan yang harus diberikan oleh sunscreen terhadap kulit wajah. Sunscreen yang bagus akan memberikan pertimbangan soal ini agar sunscreen dapat bekerja efektif dalam melindungi kulit wajah. Untuk Indonesia yang beriklim tropis dengan matahari yang bersinar setiap hari, maka kadar perlindungan yang minimal diberikan sunscreen adalah SPF 30 dan PA+++.  


  • Memiliki tekstur yang ringan 

 

Sunscreen yang bagus biasanya memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah diserap kulit. Selain itu, kandungan sunscreen yang mudah diserap oleh kulit biasanya tidak meninggalkan residu putih yang biasa disebut dengan white cast. Biasanya tekstur sunscreen yang terlalu kental dan sulit menyerap merupakan salah satu penyebab white cast. Tekstur yang ringan juga memudahkan aplikasi makeup sesudahnya.


  • Sunscreen tanpa kandungan minyak

 

Agar sunscreen nyaman digunakan, pastikan produk sunscreen yang Anda gunakan berbahan dasar air dan tidak memiliki kandungan mineral oil di dalamnya. Kandungan minyak dalam sunscreen dapat meninggalkan rasa lengket di kulit wajah saat diaplikasikan. Kandungan minyak juga menjadi magnet bagi debu dan kotoran untuk menempel di kulit wajah.


  • Water resistant

 

Perlu Anda ketahui bahwa formula sunscreen tidak dapat bertahan terlalu lama setelah diaplikasikan, karena itu mudah luntur setelah terkena air, keringat, atau saat wajah diseka menggunakan tisu. Jika Anda ingin menggunakan sunscreen yang dapat bertahan lebih lama, maka pilih yang memiliki kemampuan water resistant. Sunscreen yang water resistant dapat bertahan selama 40-80 menit walaupun Anda sering berkeringat atau terkena air. Walaupun begitu, Anda tetap perlu mengaplikasikannya ulang setelah dua jam.


  • Memiliki kandungan sunscreen yang aman bagi kulit

 

Sunscreen dengan kandungan bahan-bahan yang aman dan teruji secara klinis dapat meminimalisir terjadinya iritasi saat digunakan, serta dapat memberikan perlindungan yang optimal bagi kulit. Kombinasi bahan-bahannya juga sangat diperhatikan sehingga tidak memberi efek buruk bagi kulit; malah sebaliknya, dapat memberi manfaat ekstra bagi kulit wajah.


Bahan-Bahan Kandungan yang Diperlukan Sunscreen

 

  • Titanium dioxide. Memiliki beberapa keunggulan dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV, di antaranya adalah kemampuannya yang cepat dalam memberikan perlindungan setelah diaplikasikan, serta lebih tahan lama. Kandungan Titanium dioxide dalam sunscreen yang bagus juga tidak menyebabkan white cast, bersifat non-comedogenic, serta cocok digunakan oleh kulit sensitif karena memiliki formula yang lebih lembut.

  • Avobenzone. Merupakan senyawa organik yang dikenal memiliki kemampuan dan sifat yang stabil dalam menyerap sinar UVA. Kandungan yang memiliki nama lain Terephthalylidene Dicamphor Sulfonic Acid ini bekerja dengan cara menyerap dan menangkal radiasi dari sinar UVA, yang kemudian melepaskannya sebagai panas yang tidak berbahaya.

  • Octocrylene. Sun filter organik ini berfungsi untuk menyerap radiasi dari sinar UV terutama UVB yang memiliki energi radiasi lebih tinggi dari sinar UVA. Kandungan ini juga berfungsi untuk menstabilkan kinerja dari Avobenzone untuk memblokir sinar UVA dan UVB sehingga sunscreen dapat memberikan perlindungan yang optimal.

  • Ethylhexyl salicylate. Sama dengan Octocrylene, kandungan ini juga dikenal bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Tekstur dari Ethylhexyl salicylate seperti lapisan minyak yang membuat sebuah produk sunscreen memiliki kemampuan water resistant. Walau begitu, kandungan ini diklaim tidak akan membuat pori-pori menjadi tersumbat.

  • Ethylhexyl methoxycinnamate. Kandungan ini sering ditemukan produk sunscreen dan  produk perawatan anti-aging. Ethylhexyl methoxycinnamate memiliki kemampuan untuk menyerap sinar UVB Selain bermanfaat untuk melindungi kulit, bahan ini juga berfungsi untuk melindungi produk sunscreen dari sinar matahari sehingga efektivitas produk pun tetap terjaga.


 

Sunscreen L’ORÉAL Parisdengan Berbagai Kandungan Bermanfaat

 

Mengacu kepada kandungan-kandungan yang diperlukan dalam sebuah produk sunscreen yang bagus, L’ORÉAL Paris menghadirkan rangkaian produk sunscreen terbaru yaitu L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector. Sunscreen ini memiliki spektrum luas SPF 50+ dan PA ++++ untuk membantu mencegah kulit wajah tampak 5 tahun lebih tua dan menjaganya dari tampilan garis halus, noda hitam, dan kulit tampak kusam yang disebabkan oleh sinar UV.

 

L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector memiliki empat varian, yaitu:

 

  • Bright & Clear: Mengandung brightening niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam dengan seketika hingga 84%.

  • Matte & Fresh: Mengandung bahan aktif airlicium yang membantu Anda mendapatkan tampilan matte dan pori-pori tersamarkan, bahkan saat cuaca panas pada suhu 45 derajat Celcius dan kelembapan 80%. 

  • Correct & Protect: Dilengkapi dengan Vitamin Cg (turunan dari Vitamin C) sebagai antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengatasi noda hitam. 

  • Moist & Fresh: Membantu melembapkan dan menghidrasi kulit wajah dengan kandungan hyaluronic acid, sehingga membantu melawan tanda-tanda penuaan.


Memilih sebuah produk sunscreen yang bagus akan membantu melindungi kulit wajah Anda dari sinar UV dengan optimal. Dapatkan L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector secara online di website L’ORÉAL Indonesia atau official store L’ORÉAL Indonesia di marketplace, serta di gerai L’ORÉAL di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

UVD BrightClear 06
Caption
Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: