Make Up PERHATIKAN 10 HAL INI DAN DAPATKAN TAMPILAN MAKE UP UNTUK KULIT BERMINYAK YANG TAHAN LAMA

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, perawatan kulit bisa jadi sesuatu yang tricky. Tak hanya sering mengalami permasalahan kulit seperti jerawat dan kulit kusam, para pemilik kulit berminyak juga kerap mengalami kendala saat merias wajah. Salah satunya adalah riasan yang mudah luntur sehingga harus sering touch up agar tampilan make up untuk kulit berminyak tetap on point. Padahal, mengaplikasikan make up terlalu sering justru dapat membuat riasan menjadi cakey.

Lalu, bagaimana cara make up natural dan tahan lama untuk kulit berminyak? Ternyata, tidak sesulit yang dibayangkan. Simak artikel berikut ini agar Anda mengetahui tips dan urutan make up yang benar untuk kulit berminyak agar lebih tahan lama.

1. Bersihkan Wajah sebelum Memulai Proses Makeup

Membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan make up untuk kulit berminyak membantu untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari wajah.

Do: Setelah menggunakan makeup remover, lanjutkan membersihkan wajah menggunakan facial wash yang memiliki kadar pH seimbang, sehingga kelembapan kulit pun tetap terjaga.

Don’t: Hindari menggunakan pembersih wajah yang justru membuat kulit menjadi kering dan terasa kesat. Kulit yang kering akan merangsang kelenjar sebaceous untuk meningkatkan produksi sebum sehingga kulit wajah menjadi semakin berminyak.

2. Lembapkan Kulit

Pada kulit berminyak, pelembap wajah dapat membantu menjaga hidrasi kulit, sehingga produksi minyak alami pun dapat lebih terkontrol.

Do: Untuk kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan pelembap berbentuk moisturizer gel karena teksturnya yang lebih ringan dan mudah terserap dalam kulit.

Don’t: Hindari menggunakan pelembap dengan kandungan mineral oil karena bisa membuat kulit menjadi lebih mudah berminyak dan dapat menyumbat pori-pori.

3. Gunakan Primer Wajah

Pilih mattifying primer agar make up untuk kulit berminyak dapat bertahan lama. Primer jenis ini berfungsi mengontrol produksi minyak di wajah, menyamarkan tampilan pori-pori, serta memberi hasil akhir matte tanpa kilap.

Do: Pusatkan pemakaian face primer di T-zone yang lebih mudah berminyak. Mattifying primer akan membuat make up di area ini, yang biasanya cepat luntur dan creasing, menjadi tahan lama.

Don’t: Hindari pemakaian primer wajah yang mengandung silikon di kulit berminyak dan berpori-pori besar karena dapat menyumbat pori-pori.

4. Pilih Foundation sesuai Jenis Kulit

Setelah aplikasi primer wajah, lanjutkan dengan aplikasi liquid foundation. Foundation bertekstur cair merupakan pilihan tepat untuk jenis kulit berminyak karena memiliki formula berbasis air sehingga lebih ringan di kulit.

Do: Agar make up untuk kulit berminyak dapat tahan lama, maka pilih foundation yang memberi hasil akhir matte. Sebagai rekomendasi, gunakan L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation yang mengandung duo oil-control ingredients yang memastikan riasan wajah Anda tetap matte seharian dan tidak terganggu dengan kilap minyak. Foundation ini juga dilengkapi dengan formula sweatproof, transferproof, dan waterproof sehingga dapat bertahan di wajah lebih lama.

Don’t: Hindari menggunakan foundation dengan hasil akhir satin maupun dewy karena malah akan membuat wajah Anda tampak mengilap.

5. Pilih Shade Foundation sesuai Warna Kulit

Selain jenis kulit, jangan lupa pula untuk menggunakan foundation yang sesuai dengan skin tone. Pilihan shade yang tepat akan membuat keseluruhan make up Anda tampak natural.  L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation memiliki 15 pilihan shade yang mengakomodir warna kulit wanita Indonesia.

Do: Ketahui terlebih dahulu skin tone dan undertone untuk bisa menentukan shade yang tepat. Anda juga bisa tip ini: untuk make up untuk kulit sawo matang dan berminyak, Anda bisa memilih shade satu tingkat lebih terang dari warna kulit untuk mengantisipasi terjadinya oksidasi pada foundation yang dikenakan.

Don’t: Hindari shade yang terlalu terang karena membuat complexion terlihat tidak natural. Hindari juga warna yang terlalu gelap karena membuat wajah menjadi tampak kusam.

6. Hindari Aplikasi Foundation Terlalu Tebal

Kunci untuk mendapatkan riasan wajah yang natural adalah dengan mengaplikasikan foundation secukupnya saja sebagai dasar make up untuk kulit berminyak.

Do: Untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam, pilih foundation dengan full coverage seperti L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Walau full coverage, namun foundation ini tetap nyaman digunakan seharian karena teksturnya yang ringan dan breathable.

Don’t: Hindari mengaplikasikan foundation sampai berlapis-lapis. Hal tersebut justru dapat membuat riasan wajah menjadi cakey. Jika Anda punya masalah noda hitam, lebih baik gunakan concealer untuk menutupinya dengan tepat.

7. Gunakan Aplikator untuk Meratakan Foundation

Saat mengaplikasikan foundation, Anda bisa menggunakan aplikator untuk membuat foundation lebih mudah diratakan dan kulit terlihat flawless.

Do: Menggunakan make up sponge yang kering. Make up sponge yang basah akan menyerap banyak produk daripada yang diaplikasikan pada wajah sehingga penggunaan foundation jadi boros.

Don’t: Hindari meratakan foundation dengan jari karena suhu hangat dari jari akan membuat foundation menjadi mudah “meleleh” sehingga membuatnya cepat luntur.

8. Set Complexion dengan Loose Powder

Setelah menggunakan foundation, selanjutnya kunci complexion dengan loose powder. Tujuannya agar foundation tidak mudah bergeser dan juga tahan lama.

Do: Agar make up untuk kulit berminyak tahan lama, maka set riasan dengan translucent powder karena dapat menyerap minyak sekaligus mengunci foundation dengan optimal.

Don’ts: Untuk kulit berminyak, sebaiknya hindari mineral powder karena dapat memberikan kilap di wajah.

9. Gunakan Blush On Matte

Agar wajah tidak terlihat pucat, Anda dapat menyapukan blush on yang memberi rona di wajah.

Do: Daripada memakai creamy blush, pilih yang jenis powder yang memberi hasil akhir matte agar make up untuk kulit berminyak tidak mudah luntur dan foundation tidak bergeser. 

Don’t: Agar kulit wajah tidak terlihat berkilap secara berlebihan, maka hindari memakai perona wajah dengan shimmer.

10. Akhiri dengan Setting Spray

Setelah proses merias wajah selesai, maka tahap terakhir adalah mengunci riasan menggunakan setting spray.

Do: Matte setting spray merupakan pilihan yang tepat untuk mengunci make up untuk kulit berminyak. Pasalnya, setting spray jenis ini dilengkapi kandungan oil control sehingga hasil akhir matte bertahan lama.

Don’t: Hindari menggunakan face mist sebagai pengganti setting spray, karena umumnya face mist memiliki mengandung mineral oil yang justru dapat menyebabkan kulit tampak berminyak.

Itulah 10 tips kreasi make up untuk kulit berminyak agar tahan lama dan tampak flawless, salah satunya dengan menggunakan L'Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation. Anda bisa mendapatkan liquid foundation ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/ marketplace ternama. Anda pun bisa membelinya langsung di drugstore, supermarket, dan toko kosmetik terdekat.