Close

Current site: website_MasterID
Database: web
Content start path: /sitecore/content/MasterID
Home node: /sitecore/content/MasterID/home
Language: Indonesian (Indonesia) : Bahasa Indonesia (Indonesia)
Index : masterid_web_index
InstanceInfo configuration: Complete
InstanceInfo site: Complete;
Stop Bingung! Berikut Cara Memilih Warna Foundation untuk Si Kulit Sawo Matang

Stop Bingung! Berikut Cara Memilih Warna Foundation untuk Si Kulit Sawo Matang

Sebagai wanita Indonesia, kita harus bangga dengan pigmen kulit yang khas dan berbeda dengan wanita-wanita dari Barat atau Asia Timur. Kondisi inilah yang membuat penampilan perempuan Indonesia lebih eksotis dan unik. Mengingat ciri khas ini, tentunya perempuan Indonesia harus lebih jeli dalam memilih makeup yang sesuai dengan warna kulitnya, termasuk dan terutama warna foundation untuk kulit sawo matang.


Untungnya, perkembangan industri makeup yang semakin pesat membuat semakin banyak pilihan untuk para wanita yang berkulit cenderung lebih gelap ini. Jadi, memilih warna foundation untuk kulit sawo matang sudah tak lagi jadi kekhawatiran, selama Anda tahu cara yang tepat memilihnya dan apa saja yang harus diperhatikan.

 

Bagaimana caranya? Jangan bingung, inilah beberapa cara yang tepat dan mudah untuk memilih foundation untuk kulit sawo matang. Ikuti kelima cara ini agar penampilan Anda, khususnya di sepanjang bulan Ramadan dan Hari Raya, tampak maksimal.

 

Pastikan Warna Kulit Anda

Warna kulit sawo matang juga memiliki beberapa tingkatan, dan penting bagi Anda untuk mengetahui persisnya seperti apa warna dasar kulit Anda. Ada tiga undertone yang harus Anda ketahui: hangat, dingin, dan netral. Anda bisa mengeceknya dengan melihat warna pembuluh darah di lengan bagian dalam. Jika berwarna kehijauan, berarti Anda memiliki undertone hangat. Sebaliknya, jika dingin, warna pembuluh darah yang terlihat adalah kebiruan. Terakhir, warna pembuluh darah yang tidak terlalu berwarna biru maupun hijau menandakan undertone netral.

 

Manfaat dari mengetahui warna dasar atau undertone kulit wajah yaitu memudahkan Anda untuk menentukan warna yang paling mirip dengan warna dasar kulit wajah, termasuk foundation untuk kulit sawo matang. Hindari memilih foundation dengan warna yang jauh lebih gelap atau terang dari warna dasar kulit Anda karena akan terlihat belang saat diaplikasikan di kulit wajah.

 

Kenali Jenis Kulit Anda

Untuk bisa mendapatkan foundation untuk kulit sawo matang yang tepat, penting juga bagi Anda untuk mengetahui jenis kulit, apakah kering, berminyak, atau kombinasi. Jenis kulit ini nantinya akan mempengaruhi foundation yang Anda pilih, salah satunya adalah tekstur foundation.

 

Untuk kulit berminyak, pilihlah foundation bertekstur bubuk atau padat. Untuk kulit kering, pilihlah foundation gel atau cair karena dapat memberi efek melembapkan. Meskipun begitu, foundation jenis ini juga cocok bagi para pemilik kulit normal atau berminyak karena formulasinya yang ringan jika dibandingkan dengan tekstur foundation lainnya. Bagi wanita berusia matang dan sudah muncul tanda-tanda penuaan di kulit, Anda bisa bisa memilih foundation krim yang menyamarkan garis-garis halus serta kerutan di wajah.

 

Pilihlah Merk Foundation yang Menawarkan Banyak Warna

Kulit sawo matang tidak bisa digeneralisir begitu saja, pastikan Anda mendapatkan warna foundation untuk kulit sawo matang yang benar-benar tepat. Karenanya, pilihlah merk yang menawarkan banyak pilihan warna, seperti L’Oréal Paris Infallible Pro-Matte Foundation. Foundation cair yang tahan 24 jam dengan coverage medium ini tersedia dalam 8 nuansa warna, termasuk shade warna yang cocok dengan kulit sawo matang. Karena tahan lama, foundation ini dapat Anda andalkan untuk makeup sepanjang Hari Raya atau acara silaturahmi yang berdurasi lama.

 

Lakukan Tes di Kulit

Cara memilih foundation untuk kulit sawo matang  selanjutnya, Anda dapat melakukan tes langsung di kulit Anda untuk melihat apakah warna foundation sudah cocok atau tidak. Jika selama ini Anda mencoba warna foundation dengan mengusapkannya di punggung tangan, cara ini sebetulnya kurang efektif karena warna kulit wajah berbeda dengan kulit tangan Anda. Cara yang direkomendasikan untuk memilih warna foundation yang paling sesuai adalah dengan mengoleskannya di area garis rahang atau leher atas. 

 

Teteskan sedikit foundation di ujung jari, lalu usapkan di sekitar garis rahang. Warna foundation yang paling membaur atau terdekat dengan warna kulit Anda di area itu adalah warna yang tepat. Hindari memakai atau membeli foundation hanya berdasarkan rekomendasi orang lain karena warna yang sama dapat memiliki tampilan yang berbeda di kulit orang yang berbeda.

 

Cek Reaksi Oksidasi

Setelah melakukan tes warna di garis rahang di counter makeup, Anda perlu menunggu kira-kira 15-20 menit untuk melihat apakah foundation mengeluarkan reaksi oksidasi, yaitu warna berubah menjadi lebih gelap. Oksidasi foundation bukanlah hal yang berbahaya, namun lebih dipicu oleh reaksi antara pigmen foundation dan kandungan minyak serta tingkat pH di kulit wajah. 

 

Jika Anda sudah memilih warna foundation untuk kulit sawo matang yang tepat, tetapi foundation menunjukkan reaksi oksidasi di kulit Anda, hasil akhirnya menjadi kurang maksimal. Kulit Anda akan tampak lebih gelap, kusam, bahkan terlihat abu-abu. Jika foundation Anda tidak menunjukkan reaksi oksidasi dan membaur sempurna dengan kulit Anda, selamat, Anda telah menemukan foundation yang tepat!

 

Cara Aplikasi Foundation yang Tepat

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih foundation untuk kulit sawo matang. Bagi Anda yang memiliki kulit sawo matang serta tipe kulit cenderung berminyak, L’Oréal Paris Infallible Pro-Matte Foundation merupakan pilihan yang pas untuk Anda. Foundation dengan tekstur yang ringan ini memiliki daya tahan hingga 24 jam. Selain itu, L’Oréal Paris Infallible Pro-Matte Foundation juga telah dilengkapi dengan Oil Control Formula sehingga dapat mengontrol minyak berlebih di kulit. Hasilnya, wajah akan terbebas dari minyak seharian dan membuat riasan jadi tahan lama


Anda dapat mengaplikasikan foundation untuk kulit sawo matang ini sebelum atau setelah menggunakan concealer, baik menggunakan spons, kuas, ataupun jari tangan.

a. Menggunakan spons: Oleskan sedikit concealer di wajah, lalu ratakan dengan bagian spons yang lebar dan bulat.

b. Menggunakan kuas: Gunakan foundation brush dengan gerakan seperti Anda sedang melukis, yaitu dengan sapuan-sapuan pendek ke arah luar dan dalam. Setelah itu, baru baurkan garis-garis yang terlihat. Untuk aplikasi yang lebih tipis, Anda bisa menggunakan stippling brush. Baurkan foundation dengan gerakan memutar dan sedikit ditekan ke kulit.

c. Menggunakan jari: Pastikan tangan Anda bersih. Keluarkan sedikit foundation di pergelangan tangan, gosok lembut dengan jari agar hangat dan mencair. Setelah itu, aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar, ratakan ke seluruh wajah.


L’Oréal Paris Infallible Pro-Matte Foundation tersedia dalam 8 warna yang beragam, termasuk warna foundation untuk kulit sawo matang, yaitu Classic Ivory, Shell Beige, Natural Beige, Sun Beige, Fresh Beige, Classic Tan, dan Crème Café. Untuk mendapatkan foundation cair ini, kunjungi website resmi L’Oréal Indonesia atau gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan dan toko kosmetik terkemuka di kota Anda. 


Baca Juga : Tips Merawat Rambut Supaya Tetap Wangi Selama Romantic Dinner

All Tips

#message

Tinggalkan halaman? Anda belum menyimpan perubahan.

Detail selengkapnya