Close

Current site: website_MasterID
Database: web
Content start path: /sitecore/content/MasterID
Home node: /sitecore/content/MasterID/home
Language: Indonesian (Indonesia) : Bahasa Indonesia (Indonesia)
Index : masterid_web_index
InstanceInfo configuration: Complete
InstanceInfo site: Complete;
Ketahui Perbedaan Sunblock dan Sunscreen Sebelum Membelinya

Ketahui Perbedaan Sunblock dan Sunscreen Sebelum Membelinya

Setiap orang perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini karena dampak buruk yang diakibatkan dari sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar maupun memunculkan efek penuaan dini hingga kanker kulit. Salah satu cara mencegah dampak buruk tersebut terjadi, yakni dengan penggunaan sunblock atau sunscreen. Dua produk ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, tahukah kamu perbedaan sunblock dan sunscreen? Yuk simak pembahasannya di sini.

Fungsi Sunscreen dan Sunblock

Perbedaan sunblock dan sunscreen yang pertama bisa dilihat dari fungsinya. Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen wajah yang bagus dibuat untuk menangkal bahaya sinar UVA, yang biasanya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan keriput pada wajah. Sementara untuk sunblock, hampir semua bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Kandungan di Dalamnya yang Membedakan                                                                      

Pada umumnya, di dalam sunscreen ada bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan yang biasa ada di sunscreen, yakni Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA. Sementara di dalam sunblock ada kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari.

Cara Kerja

Perbedaan sunblock dan sunscreen juga bisa dilihat dari cara kerja keduanya. Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

Cara kerja yang berbeda ini membuat sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan. Hal ini karena kandungannya memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Sementara sunblock bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit. Selain itu, baik sunscreen ataupun sunblock harus dioleskan ulang setiap 2-3 jam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pilih Sunblock atau Sunscreen?

Setelah mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen, dari dua produk tersebut tidak ada produk yang lebih baik satu dari yang lain. Baik sunscreen maupun sunblock sama-sama memiliki fungsi untuk mencegah efek buruk sinar UV. Dalam penggunaannya, disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Sunblock bisa digunakan bagi kamu yang akan beraktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari, seperti berolahraga di luar ruangan, panas-panasan saat konser, atau main ke pantai, karena efek perlindungan dari sunblock bisa dirasakan langsung tanpa harus menunggu. Sunblock memiliki tekstur yang kental dan biasanya meninggalkan warna putih ketika dioleskan di kulit. Di dalamnya terkandung bahan-bahan yang dapat membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sementara untuk penggunaan sehari-hari atau untuk kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama, dapat menggunakan sunscreen yang formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan warna (transparan) di kulit. Sunscreen wajah yang bagus berfungsi untuk menyaring sinar matahari, sehingga masih akan ada sebagian sinar matahari yang akan terserap. Di dalamnya biasanya sudah terkandung SPF dengan angka yang menentukan berapa lama sunscreen itu dapat melindungi kulit. Misalnya, bila kulit akan terbakar matahari dalam waktu 15 menit, maka penggunaan SPF 10 dapat memperpanjang waktu hingga 10 kali lipat sebelum kulit terbakar. Setelah 150 menit berlalu, sunscreen harus kembali dioleskan.

Jika kamu lebih memilih sunscreen, salah satu yang menjadi rekomendasi adalah sunscreen L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50|PA++++. Sunscreen wajah yang bagus mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV dengan hasil akhir yang matte (tidak memberikan tampilan kilau) sepanjang hari dan bebas minyak. Dengan begitu, kulit bisa terlindungi dari efek paparan sinar matahari.

Di dalam L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh UV SPF 50 / PA ++++ terdapat kandungan mexoryl XL Filter dan Long UVA Filters. Kedua kandungan ini dapat membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, munculnya noda hitam, penuaan dini, serta warna kulit tidak merata. Ada pula kandungan detoxyl yang akan membantu melindungi kulit dari partikel polusi dan debu pada kulit.

Ditambah lagi, sunscreen wajah dengan kemasan menarik dan handy berupa botol pipih berwarna hijau pucat ini juga mengandung 3 ekstrak tanaman astringent yang mampu membantu mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit. Terakhir, sunscreen wajah ini juga diperkaya dengan adanya mattifying pure clays yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih untuk hasil akhir tanpa kilap. Tekstur dari sunscreen wajah dari L’Oréal Paris ini cenderung kental namun tidak lengket dan cukup ringan saat digunakan sehingga mudah diratakan pada kulit.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakannya cukup oleskan secara merata ke seluruh area wajah. Diamkan beberapa menit sebelum menggunakan makeup dan beraktivitas di luar ruangan agar meresap dengan sempurna. Dapatkan sunscreen wajah L'Oreal Paris di gerai resmi L’Oréal Paris maupun drugstore yang ada di berbagai pusat perbelanjaan. 

All Tips

#message

Tinggalkan halaman? Anda belum menyimpan perubahan.

Detail selengkapnya