Close

Current site: website_MasterID
Database: web
Content start path: /sitecore/content/MasterID
Home node: /sitecore/content/MasterID/home
Language: Indonesian (Indonesia) : Bahasa Indonesia (Indonesia)
Index : masterid_web_index
InstanceInfo configuration: Complete
InstanceInfo site: Complete;
Ini Dia Rahasia Foundation Tahan Lama dan Tidak Cakey Selama Acara Formal

Ini Dia Rahasia Foundation Tahan Lama dan Tidak Cakey Selama Acara Formal

Untuk base makeup sehari-hari, Anda merasa cukup dengan menggunakan BB cream atau two-way cake saja karena hanya membutuhkan coverage ringan di wajah. Namun untuk saat-saat spesial, misalnya menghadiri resepsi pernikahan atau gala dinner, Anda ingin tampil dengan makeup yang lebih glamor dengan kulit yang flawless sebagai dasarnya. Kuncinya ada di foundation tahan lama dengan formula ringan namun tetap memberi coverage tinggi.

Foundation yang Tahan Lama untuk Berbagai Jenis Kulit

Untuk mendapatkan foundation yang bagus dan tahan lama untuk digunakan di acara formal, Anda harus memilih yang formulanya sesuai dengan jenis kulit. Foundation hadir dalam berbagai formula yang telah disesuaikan untuk berbagai jenis kulit wajah. 

1. Foundation untuk kulit berminyak


Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, pilihlah powder foundation atau yang memiliki formula bebas minyak (oil free). Foundation yang mengandung bedak bisa membantu menyerap minyak, membuat kulit terlihat mulus, bebas kilap, dengan hasil akhir matte


Mineral foundation juga merupakan salah satu foundation tahan lama untuk kulit berminyak. Kandungan mineralnya bekerja dengan baik untuk mengatasi kelebihan minyak karena dry particle di dalamnya menyerap minyak berlebih dan mencegah munculnya kilap. 


 2. Foundation untuk kulit kering


Untuk kulit kering, foundation yang tahan lama memiliki formula liquid atau stick. Anda juga bisa memilih foundation yang memiliki manfaat menghidrasi kulit. Foundation dengan tekstur creamy juga akan bekerja dengan baik di kulit kering karena dapat memberikan kelembapan dan coverage yang mencukupi. Hindari powder foundation karena hanya akan membuat kulit terlihat semakin kering. 


 3. Foundation untuk kulit kombinasi


Jika kulit Anda berminyak di area kening dan hidung (area T) tapi kering di bagian pipi, maka Anda memiliki kulit kombinasi. Nah, untuk jenis kulit ini, memilih foundation bisa jadi tricky karena tak ada foundation khusus untuk kulit kombinasi. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan foundation untuk kulit berminyak di area T, dan foundation untuk kulit kering di pipi. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa pilih menggunakan foundation yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. 


 4. Foundation untuk kulit sensitif


Memilih foundation yang tahan lama untuk kulit sensitif juga tidak mudah. Jika formula yang Anda pilih tidak tepat, foundation bisa membuat kulit iritasi dan memicu jerawat. Untuk menghindari masalah ini, Anda harus cermat melihat kandungan dari foundation. Hindari beberapa bahan yang bisa mengiritasi kulit, seperti alkohol, foundation yang sangat pigmented, dan wangi-wangian. Hindari juga foundation dengan mineral oil agar tidak memicu jerawat dan powder foundation yang cenderung membuat kulit menjadi kering.

Kesalahan Penggunaan Foundation

Tak sedikit perempuan yang punya pengetahuan minim tentang penggunaan foundation sehingga saat digunakan, hasilnya pun tidak seperti yang diharapkan. Apakah Anda salah satu dari mereka? Bila ya, berikut beberapa kesalahan penggunaan foundation dan cara untuk mengatasinya. Dengan demikian, Anda bisa tampil dengan makeup yang flawless bermodalkan foundation yang tahan lama saat menghadiri acara formal.

a. Foundation tidak menempel di kulit


Penyebabnya adalah kulit wajah yang tidak disiapkan dulu sebelum menggunakan foundation. Biasakan untuk membersihkan wajah terlebih dulu lalu lembapkan dengan moisturizer. Agar foundation dan makeup lebih awet, aplikasikan primer secara merata ke seluruh wajah. Setelah itu, gunakan foundation cair. Ini merupakan pilihan paling aman karena mudah dibaurkan dan cepat menyerap di kulit.


b. Foundation luntur


Biasakan memilih foundation sesuai dengan jenis kulit dan aktivitas yang Anda jalani. Jika Anda beraktivitas seharian di luar ruangan dan berkeringat, maka pilih foundation yang tahan lama dengan tekstur cair dan memiliki formula waterproof dan sweat-proof. Pastikan formulanya tetap bisa melembapkan kulit dan tidak membuat kering.


c. Foundation terlihat cakey


Kondisi cakey atau cake face terjadi saat foundation tidak membaur dengan sempurna sehingga makeup Anda terlihat menggumpal dan tidak menyatu dengan kulit. Hal ini bisa terjadi kalau Anda mengaplikasikan foundation berulang-ulang khawatir noda di wajah belum tertutup dengan sempurna. Karena itulah, foundation menumpuk dan terlihat tebal atau cakey.


Untuk menghindari foundation menjadi cakey, sebaiknya sejak awal Anda perhatikan jenis coverage dari foundation yang akan dipakai. Kalau kulit wajah Anda cenderung mulus tanpa noda, pilihlah foundation dengan coverage ringan atau medium. Tapi kalau warna kulit wajah Anda cenderung tidak rata dan memiliki banyak noda, maka foundation dengan coverage tinggi adalah pilihan yang terbaik.


d. Foundation tidak merata


Kesalahan seperti ini ada saat aplikasinya. Gunakan blender, spons, atau kuas untuk mengaplikasikan foundation agar dapat dibaurkan dengan merata.

Pastikan Foundation Tahan Lama untuk Acara Formal

Untuk memastikan tampilan Anda sempurna, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan. Memilih foundation yang tahan lama akan semakin efektif setelah Anda melakukan cara-cara di bawah ini:

1. Eksfoliasi kulit


Sebelum mengaplikasikan makeup, eksfoliasi kulit terlebih dahulu. Foundation Anda akan merespons dengan lebih baik di permukaan kulit yang halus dan bersih. Jika waktu Anda tidak banyak, bersihkan dulu kulit wajah dengan teknik double cleansing. Jangan lupa, langsung oleskan pelembap setelah wajah dibersihkan.


2. Jangan lupakan face primer


Jangan pernah remehkan primer, terutama jika Anda ingin mendapatkan foundation yang tahan lama saat menghadiri acara formal. Selain membuat makeup lebih awet, primer juga membantu kulit menjadi lebih halus dan menyamarkan pori. Pilihlah primer dengan formula bebas minyak atau berbahan mineral untuk hasil yang lebih awet. 


3. Gunakan foundation cair


Untuk acara formal, pilihlah foundation cair lalu aplikasikan dengan spons atau brush. Jangan lupa untuk menyapukan finishing powder atau setting spray untuk hasil akhir yang tahan lebih lama.

Foundation sebagai Dasar Makeup untuk Acara Formal

Saat menggunakan makeup untuk acara formal yang menuntut kesempurnaan, Anda bisa pilih L’Oréal Paris Infallible 24H Stay Fresh Wear Foundation, yaitu foundation cair dengan hasil akhir matte yang segar dan dapat bertahan 24 jam. Dilengkapi Oxygen Technology yang membuat tekstur foundation ringan dan tidak menyumbat pori. Memiliki coverage yang tinggi sehingga Anda dapat terhindari dari kondisi foundation yang cakey.


Formula L’Oréal Paris Infallible 24H Stay Fresh Wear Foundation juga waterproof dan transferproof sehingga tidak mudah luntur dan pindah ke baju. Varian warnanya tersedia dalam 7 pilihan, yaitu Ivory (20), Natural Rose (125), True Beige (130), Golden Beige (140), Radiant Beige (150), Golden Sand (200), dan Sand (220). 


Setelah memahami rahasia foundation yang tahan lama, Anda tak perlu khawatir makeup terlihat cakey saat menghadiri acara formal. Pilih varian warna L’Oréal Paris Infallible 24H Stay Fresh Wear Foundation yang sesuai kebutuhan Anda di website L’Oréal Indonesia atau di gerai L’Oréal Paris di berbagai pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

All Tips

#message

Tinggalkan halaman? Anda belum menyimpan perubahan.

Detail selengkapnya