Close

Current site: website_MasterID
Database: web
Content start path: /sitecore/content/MasterID
Home node: /sitecore/content/MasterID/home
Language: Indonesian (Indonesia) : Bahasa Indonesia (Indonesia)
Index : masterid_web_index
InstanceInfo configuration: Complete
InstanceInfo site: Complete;
7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sunscreen untuk Wajah Berjerawat

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sunscreen untuk Wajah Berjerawat

Salah satu perawatan untuk wajah berjerawat adalah dengan memilih produk kulit yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Meski ada banyak produk perawatan kosmetika untuk wajah berjerawat di pasaran yang mampu membantu menyamarkan jerawat, namun tetap perlu teliti dalam memilih perawatan untuk wajah berjerawat agar tidak memperparah kondisinya.

Salah satu produk perawatan untuk wajah berjerawat yang perlu dipilih secara cermat adalah sunscreen. Kira-kira apa saja ya hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sunscreen untuk wajah berjerawat? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Berbahan Dasar Air

Cara memilih sunscreen untuk wajah berjerawat yang pertama, yakni pilihlah sunscreen yang berbahan dasar air.  Sunscreen ini memberikan efek matte, tidak membuat kulit tampak semakin berminyak, dan mampu menyamankan kulit dan jerawat yang timbul.

Menghindari Bahan-bahan Tertentu

Ada beberapa bahan-bahan tertentu yang umum terkandung dalam sunscreen namun kurang sesuai dengan tipe kulit berminyak/ cenderung berjerawat, karena dapat membuat pori-pori wajah tersumbat, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Berikut contoh bahan yang perlu kita cermati saat memilih produk, yakni:

 1. Beeswax dan plant wax. Bahan berbasis wax ini sebenarnya dapat digunakan dalam produk perawatan kulit. Namun bila jumlahnya terlalu banyak, akan terasa berat di kulit wajah
 2. Heavy oil. Biasanya dua bahan yang ada di sunscreen yakni cocoa butter dan soybean oil. Namun keduanya merupakan bahan minyak yang berat dan cenderung sulit diserap oleh kulit

Gunakan Produk Sunscreen Noncomedogenic

Pilihlah yang sunscreen berlabel noncomedogenic agar tidak menimbulkan komedo ataupun jerawat. Biasanya produk noncomedogenic berbahan dasar air dan memiliki teksktur yang ringan dan mudah diserap ketika dioleskan ke wajah.

Tidak Mengandung Wewangian

Kandungan wewangian pada sunscreen dapat menimbulkan efek yang berbeda pada setiap orang. Jika kamu memiliki kulit sensitif, alergi, atau sedang berjerawat, kandungan parfum atau wewangian dalam skincare cenderung berbahaya bagi kulit kamu. Kandungan tersebut berisiko menimbulkan efek kemerahan, gatal-gatal, dan iritasi pada kulit.

Pilih yang Bertekstur Losion

Sebaiknya pilih sunscreen berbentuk gel atau losion sehingga mudah diserap dan tidak memperparah keadaan jerawat.

Pilih Produk dengan Oil Free Formula

Sunscreen untuk wajah berjerawat sebaiknya tidak mengandung bahan minyak di formulanya. Hal ini agar tidak membuat kulit menjadi tambah berminyak, sehingga menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi jerawat.

SPF 15 hingga 30 atau Lebih

Kulit wajah yang sedang berjerawat cenderung sensitif bila terkena paparan sinar matahari. Maka dari itu, sebisa mungkin gunakan sunscreen yang memiliki SPF antara 15 hingga 30. Sementara bila sedang berlibur di pantai atau gunung, sebaiknya kamu menggunakan sunscreen untuk wajah berjerawat yang memiliki SPF 50 agar bisa optimal melindungi kulit wajah dari bahaya paparan sinar matahari.

Memilih produk sunscreen untuk wajah berjerawat memang tidak selalu gampang. Kalau masih bingung menentukan sunscreen mana yang cocok, kamu bisa memilih produk L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF50|PA++++.

Sunscreen wajah dengan oil-free formula ini mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV dengan hasil akhir yang matte (tidak memberikan tampilan kilau) setiap hari. Di dalam L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50 / PA ++++ Long UVA terdapat kandungan mexoryl XL Filter dan Long UVA Filters. Kedua kandungan ini membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, munculnya noda hitam, penuaan dini, serta warna kulit tidak merata. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan detoxyl yang membantu melindungi kulit dari partikel polusi dan debu pada kulit.

Ditambah lagi, kandungan mattifying pure clays yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih untuk hasil akhir tanpa kilap. Tekstur dari produknya cenderung mirip lotion dan berwarna putih. Ketika dioleskan pada kulit juga mudah menyatu dengan kulit wajah dan tidak merasa lengket.  Produk ini juga tidak mengandung pewangi, sehingga sesuai dan dapat digunakan bagi kulit berminyak yang sedang berjerawat.

Untuk mendapatkan sunscreen wajah L'Oreal Paris, bisa membeli di gerai resmi L’Oréal Paris atau drug store yang ada di berbagai pusat perbelanjaan maupun e-commerce Indonesia.

All Tips

#message

Tinggalkan halaman? Anda belum menyimpan perubahan.

Detail selengkapnya